Resep Bolu Panggang Pandan Irit

By 06:05

cara membuat bolu panggang pandan
Bolu Pandan (c) resepboluibu.com

Tahu bolu ban, kan? Ya mungkin bolu yang satu ini mirip bolu ban, tapi beda, loh. Ciri khas dari bolu ini berwarna hijau muda. Warna hijau cerah itu mencolok sekali terbungkus warna kecokelatan di luar akibat dipanggang. Ya benar, yang akan kita bahas sekarang adalah Resep Bolu Panggang Pandan yang irit. Kenapa disini saya bilang irit? karena bisa dikatakan bahannya serba 100 gram. 

Bolu Pandan ini punya aroma  pandan yang khas dan rasa yang enak. Lembut banget saat masuk mulut. Siapa sih yang nggak doyan jenis bolu yang jadi favorit keluarga ini. Makan bolu ditemani segelas teh hangat atau kopi panas pun akan terasa nikmat. Ah, ngebayanginnya saja sampai lapar. 

Bolu ini ternyata gampang banget dibuat. Nggak perlu keluar biaya mahal buat beli di toko roti, kalau bisa bikin di rumah. Pastinya keluarga juga bakal senang dengan bikinan sendiri. Memang sebenarnya gampang banget menemukan bolu panggang jenis ini di toko-toko  roti, tapi kalau bikin sendiri bisa lebih enak, kenapa tidak? 

Resep Bolu Panggang Pandan yang akan saya paparkan cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah dicari di pasaran. Cara membuatnya pun gampang banget. Yang baru belajar masak, dijamin bisa deh ngikutin petunjuk yang akan saya paparkan di sini. Langsung saja kita bahas sampai tuntas cara membuat Bolu Panggang Pandan mulai dari bahan-bahan dan proses membuatnya.

Bahan-bahan :

  • 3 butir telur
  • 1/2sdt sp
  • 1/2sdt vanili
  • 100gram gula pasir
  • 100gram tepung terigu
  • 1/2sdt baking powder
  • 1sdm maizena
  • 1sdm susu bubuk
  • 100gram margarin 
  • Pasta pandan secukupnya


Cara Membuat :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan tersebut di atas.
  2. Masukkan 3 butir telur, 1/2 sp, 1/2 sdt vanili, 100 gram gula pasir, kemudian mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental menjadi adonan. 
  3. Sementara itu, lelehkan 100 gram margarin dan dinginkan jika sudah leleh.
  4. Masukkan bahan-bahan : 100 gram tepung terigu, 1/2 sdt baking powder, 1 sdm maizena, 1 sdm susu bubuk, 100 gram margarin yang sudah dilelehkan, secara  bertahap sedikit demi sedikit sambil terus di-mixer dengan kecepatan rendah/sedang hingga tercampur rata. 
  5. Masukkan pasta pandan beberapa tetes.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin agar tidak lengket.
  7. Jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu sembari menyiapkan adonan.
  8. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam loyang yang sudah siap. Langsung masukkan ke dalam oven dengan suhu 170 derajat selama 30 menit, atau sampai matang tergantung jenis oven yang digunakan.
  9. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Jangan lupa keluarkan bolu dalam loyang. Setelah benar-benar dingin, dapat dipotong dan disajikan.



Sedikit tips dari saya : Tepung terigu, baking powder, susu dan maizena lebih baik dicampur dan diayak sampai halus, agar saat di-mixer bisa dengan mudah bercampur dengan adonan yang pertama tadi. 


Gimana? gampang banget, kan Rakuser? Bisa dong dicoba dipraktekkan di rumah.  Caranya gampang banget, bahannya gampang dicari, murah lagi. Rasanya? jelas enak, dong. Demikianlah Resep Bolu Panggang Pandan yang irit dan enak bisa Rakuser coba di rumah. Nggak sudah takut gagal, asal bahan dan cara membuatnya sudah benar,  dijamin akan berhasil.

Semangat!!!

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7