Soto Pak Denuh Kudus, Soto Kudus yang Melegenda

By 07:09 , , ,

Soto Kudus Pak Denuh
Soto Kudus Pak Denuh

Salah satu kuliner khas dan terkenal di Kudus adalah Soto Kudus. Soto disajikan tanpa menggunakan daging sapi, sebagai gantinya bisa menggunakan daging kerbau atau daging ayam. Tidak dipakainya daging sapi berkaitan erat dengan cerita jaman dahulu, yakni Sunan Kudus dalam menyebarkan ajaran Islam, menghimbau untuk tidak menyembelih dan memakan sapi, karena pada waktu itu masyarakat Kudus beragama Hindu dan Budha. Himbauan itu pun dipercaya hingga sekarang, dan dilaksanakan. 

Kemarin, 16 April 2018 saya kehadiran tamu dari Lampung. Yandigsa namanya, teman dari media sosial yang kebetulan sedang ada acara di Kudus. Bisa dibilang pertemuan ini tanpa direncana, karena begitu mendadak. Dia masih penasaran dengan kuliner khas Kudus, terutama Soto Kudus yang namanya sudah dikenal khalayak. Saya bingung, di mana mencari warung Soto Kudus malam hari. Setelah bertanya pada beberapa teman, tujuan kami jatuh pada Soto Pak Denuh Kudus. Soto ini sudah terkenal keenakannya hingga ke luar Kudus. Dan berita bagusnya, warungnya buka sampai pukul 22.00 WIB.

Soto Kudus Pak Denuh
Menu Soto Kudus Pak Denuh

Lokasi Soto Pak Denuh


Sebenarnya saya sudah lama tahu warung Soto Pak Denuh Kudus ini, karena tepat berada di depan sekolah saya dulu, yakni SMK Wisudha Karya Kudus unit Jati. Namun saya tak pernah mencicipinya. Ya, baru kali ini, itupun diajak. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Agil Kusumadya, Jati Wetan, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59346, atau berada di utara Rumah Sakit Mardirahayu. Pinggir jalan, sehingga mudah ditemukan.

Soto Kudus Paling Enak
Yandigsa Selesai Makan

Tentang Soto Pak Denuh


Soto Pak Denuh Kudus ini tidak hanya menjual soto Kudus saja, melainkan menjual pindang ayam juga, serta berbagai minuman. Teman makan soto seperti sate telur puyuh, tahu, tempe, dan masih banyak lagi pun tersedia siap untuk disantap. Rupanya Pak Denuh sudah berjualan soto dari tahun 1945 dan sudah diwariskan ke anaknya, yang sekarang mengelola. Pantas saja jika soto di sini sudah sangat terkenal dan melegenda. 

Soto Kudus di sini disajikan dalam mangkuk mungil yang berisi nasi, tauge, daging (kerbau/ayam) serta disiram kuah soto, tak lupa ditaburi dengan bawang putih goreng. Kuahnya yang hangat dan asapnya yang menabrak udara di atasnya seolah memaksa kita untuk segera menyatapnya. Suapan demi suapan hingga mangkuk tersebut kosong. Maknyusss. Sebagai penutup, saya cukup memesan teh hangat. Wah, jadi tambah segar. 

Soto Pak Denuh Kudus
Warung Pak Denuh


Harga Soto Pak Denuh ini terbilang standar, tidak murah pun tidak mahal. Jadi jangan khawatir kemahalan, setimpal kok dengan rasa yang memanjakan lidah. Setelah 24 tahun tinggal di Kudus, baru kali ini saya mencicipi Soto Pak Denuh yang terkenal itu.

Jika bertandang ke Kudus, jangan lupa mampir ke Soto Pak Denuh Kudus yang terkenal itu. Pantas lah jadi salah satu soto terkenal di Kudus. 

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7