Resep Brownies Kukus yang Paling Lezat dan Mudah

By 19:04

Brownies Kukus (c) resepindonesia.net
Siapa yang tidak tahu brownies? Kue cokelat gelap ini memang sangat lezat sekali. Anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang menyukai. Sebenarnya ada dua macam brownies sesuai dengan cara memasaknya, yaitu brownies kukus dan brownies panggang. Namun kali ini Jadi Rakus akan membocorkan resep brownies kukus yang paling enak, namun cara membuatnya pun sangat sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Ingat brownies, pasti langsung ingat cokelat. Yups, kue brownies memang berwarna cokelat karena memang mengandung bahan dasar cokelat yang terdiri dari cokelat bubuk dan cokelat blok atau dark cooking chocolate (DCC). Maka tidak heran kalau rasanya manis sekali dan lebih dominan rasa cokelatnya. Bau harum cokelat pun sangat terasa, apalagi jika disajikan saar masih hangat. Resep brownies kukus kali ini pun akan membocorkan rahasia cara membuat brownies kukus yang paling enak.

Brownies kukus dapat dinikmati saat bersantai atau teman minum kopi. Namun jangan banyak-banyak saat mengkonsumsi kue yang satu ini karena kalori yang terkandung cukup tinggi. Apalagi bagi penderita diabetes. Sebagai teman bersantai atau cemilan anak-anak pun sangat cocok, loh. Jika tidak untuk kue ulang tahun pun tidak ada salahnya. Tinggal nanti dihias menggunakan lelehan cokelat atau cream da hiasan buah-buahan seperti strowberry, cherry, kiwi dan lain-lain.

Berikut adalah bahan-bahan brownies kukus:

  • 6 butir : telur
  • 255 gram : gula
  • ½ sdt : quick
  • 125 gram : tepung terigu
  • 50 gram  : cokelat bubuk
  • 175 ml : minyak goreng
  • 100 gram : cokelat blok (DCC)
  • 1 sachet : susu kental manis cokelat
  • ½ sdt : garam


Sedangkan cara membuat brownies kukus sederhana adalah:

  1. Kocok terlebih dahulu gula, telur dan quick (bisa diganti pengembang lainnya) sampai adonan mengembang. Setelah itu masukkan tepung terigu yang telah diayak dan sertakan juga cokelat bubuk yang sudah diayak pula. Ini dilakukan biar adonanya halus dan kuenya lembut.
  2. Sembari membuat adonan tadi, lelehkan cokelat blok (DCC) dengan cama mencampurnya dengan minyak dan garam. Cara melelehkannya lebih baik jangan langsung terkena api, tapi dengan cara ditim. 
  3. Setelah adonan tadi selesai dikocok, ambil sedikit sekitar satu mangkuk dan campur dengan susuk kental manis cokelat. Ini nanti akan digunakan sebagai sekat tipis antara adonan atas dan bawah yang bertujuan sebagai pemanis karena adonan yang dicampur dengan susu kental manis ini akan lebih manis dan lebih basah. Jika tidak menggunakan adonan ini pun tidak apa-apa tergantung selera.
  4. Siapkan loyang 20 x 20 x 4, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin. Jika tidak punya loyang dengan ukuran tersebut, dapat menggunakan loyang yang lainnya.
  5. Bagi adonan menjadi dua dan masukkan salah satunya (separo adonan yang tadi) ke loyang. Kukus selama 10 menit dengan api sedang.
  6. Setelah sepuluh menit dan adonan tadi sudah lumayan mengeras, masukkan lagi adonan yang sudah dicampur dengan susuk kental manis. Kukus selama 10 menit. Jadi adonan ini sangat sedikit dan sangat tipis.
  7. Setelah 10 menit, masukkan kembali sisa adonan yang dibagi tadi ke loang. Kukus selama 20 menit hingga matang.
  8. Setelah matang, angkat dalam kukusan dan diamkan beberapa menit untuk selanjutnya diambil dari dalam cetakan. Anda juga dapat menaburi keju atau meses sesuai selera. Brownies kukus enak ini siap dihidangkan.

Demikan adalah resep brownies kukus yang paling enak dan sederhana. Bagaimana? Mudah bukan dalam membuat brownies kukus tersebut. Anda dapat mencobanya di rumah.

You Might Also Like

1 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7