Sosis Telur Kudus (Sostel), Masak Sosis dengan Cara Unik

By 19:20 , , ,

Teman saya mengajak saya untuk mencoba Sosis Telur Kudus atau yang lebih populernya disebut Sostel. Katanya dia sudah pernah mencobanya dan enak. Sedangkan saya sudah pernah lihat, tapi belum pernah mencobanya. Saya memang suka makan sosis yang digoreng biasa aja. Okelah, bisa dicoba sosis telur ini yang cara memasaknya cukup unik.

Sostel Kudus
Sosis Telur (c) picbear.online/media/1774323088982756271_4291219536

Sebentar, sebelum ngoceh soal Sostel ini saya kasih info dulu di mana tempat mangkalnya makanan yang baru hits ini. Penjualnya biasa mangkal di daerah GOR Kudus, di sebelah timur Taman Wergu, atau sebelah baratnya Stadion Wergu, di pinggir jalan arah Balai Jagong Kudus. Penjualnya hanya memakai meja untuk menempatkan alat memasaknya, x banner di samping dan payung untuk berteduh. Cukup sederhana.

Sosis Telur Kudus ini punya alat untuk memasak yang khusus. Alat memasaknya berbentuk kotak (balok gitu) ada lubang-lubang di atasnya. Nah, lubang-lubangnya itu nanti tempat buat masak sosisnya. Jadi sosisnya dimasukin ke dalam lubang, terus dikasih telur. Ajaibnya, kalau sosisnya sudah matang, nanti bisa keluar sendiri (naik sendiri) ajaib! Jadi yang jualan nggak perlu khawatir lupa dan pada akhirnya gosong. Hahaha.

Sostel Kudus
Sostel (Sosis Telur) Kudus (c) Jadi Rakus

Setelah matang, telurnya itu menyelimuti sosisnya. Telurnya masih berwarna putih,  tapi sudah matang. Sosisnya bisa pas di tengah gitu. Haha. Sosis Telur ini disajikan dengan teman saus atau mayonise. Kami minta dibungkus karena mau dimakan di tempat lain.

Soal rasa ... hmmm... sejujurnya saya kurang suka telur yang digoreng masih putih seperti itu. Saya lebih suka telur goreng yang matangnya berwarna kekuningan gitu. Ini soal selera saja. Meski sosisnya di tengah, tapi sudah matang, begitupun telurnya. Cukup enak kalau dimakan pakai saus dan mayonise. Makan satu Sostel saja sudah cukup kenyang karena cukup besar setelah ditambah telur.

Ya, menurut saya Sosis Telur Kudus ini enak dan unik. Saya tetap suka cara memasaknya yang ajaib. Haha. Sok yang mau coba. Harga masih terjangkau lah...

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7