Resep Kue Mangkok Gula Jawa

By 06:46


Halo Rakuser, masih doyan makan? ya harus tetap doyan makan dong. Kali ini nggak bahas tentang tempat makan hits dan yang pasti enak, tapi bakal bahas resep kue. Ya, sekali-kali boleh dong kalau bikin makanan kita sendiri, daripada beli terus, lebih baik bikin sendiri, kan? Itung-itung ngisi kesibukan, hehe. Langsung saja kali ini saya akan memberikan Resep Kue Mangkok Gula Jawa yang legitnya tiada tara.

Jika lihat fotonya, pasti yang terlintas di benak Rakuser adalah Kue Bolu Kukus. Ya, mungkin bentuk dan penampilan boleh sama, tapi jelas rasa dan teksturnya beda, loh. Perbedaan ini pun akan lebih kentara saat kita sudah melihat Resep Kue Mangkok Gula Jawa. Karena bahannya pun juga berbeda, cara membuatnya juga berbeda, dong. Kue Mangkok ini perlu melakukan dua tahap pembuatan adonan, yang pertama adonan biang dan adonan inti.

Sebagaimana namanya, rasa yang dominan dari kue satu ini adalah legitnya gula Jawa atau gulamerah. Gula Jawa di sini berfungsi sebagai pemanis dan bisa dikatakan bahan utama dan wajib ada dan yang pantai tidak boleh diganti-ganti. Misal diganti gula pasir, nanti namanya juga berubah dong? hehe. Lagipula kalau diganti bakal gagal, kok.

Langsung saja berikut adalah bahan-bahan yang perlu Rakuser siapkan:

Bahan Biang:

  • 1 sdm Fermipan
  • 1 sdm Tepung Terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 5 sdm air


Bahan biang di atas harus dibuat terpisah terlebih dahulu, Rakuser. Caranya pun cukup gampang, yakni tinggaldicampurkan semua bahan di atas menjadi satu dan biarkan hingga berbuih. Buih-buih yang muncul nanti adalah tolak ukur keberhasilan adonan tersebut. Biang ini fungsinya sangat penting  loh, jadi harus benar-benar diperhatikan takarannya agar resep ini berhasil.

Bahan Utama:

  • 500 gr Gula jawa (direbus dengan 2 gelas air, lalu disaring)
  • 2 butir Telur
  • 500 gr Tepung terigu
  • 1 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt Soda kue
  • 100 cc Minyak goreng


Cara membuat:

  1. Kocok Telur, masukkan biang yang sudah berbuih tadi
  2. Tambahkan air gula jawa sedikit demi sedikit, bergantian dengan tepung terigu sampai habis
  3. Tunggu sampai mengembang, kemudian masukkan minyak goreng.Aduk rata.
  4. Cetak adonan kue ini di cetakan kue mangkok yang sudah diberi kertas kap terlebih dahulu
  5. Kukus hingga 15 menit dengan api besar.
  6. Hidangkan selagi hangat. Bisa ditambah juga dengan parutan kelapa sebagai pelengkap.



Bagaimana? cukup mudah kan untuk membuat Resep Kue Mangkok Gula Jawa ini? Bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah didapatkan. Kue ini cukup sederhana dan cocok dihidangkan untuk tamu, atau sebagai teman bersantai. Sangat berbeda kan dengan bolu kukus? meski cara membuatnya sama dikukusnya, rasanya tentu berbeda.

Yuk segera saja bikin kue mangkok ini di dapur. 

You Might Also Like

1 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7