Martabak Telur Puyuh Kudus, Jajanan Unik Mirip Takoyaki

By 21:49 , ,

martabak telur puyuh kudus, martabak bulat, tempat makan di kudus, cafe di kudus
Martabak Telur Puyuh Kudus (c) duniaely.com

Saya adalah salah satu penyuka gorengan garis depan, meski sudah tahu kalau jajanan tersebut tidaklah sehat, apalagi jika dikonsumsi banyak dan terus-menerus. Tapi entah mengapa saya tak mempedulikan hal tersebut, salah sendiri gorengan itu enak. Sekarang saya akan membahan sajian jajanan gorengan yang unik namanya Martabak Telur Puyuh Kudus. Anda bisa menemui penjual martabak ini di sekitaran Masjid Menara Kudus, meski sekarang pun semakin mudah ditemukan di mana-mana.
Martabak Telur Puyuh Kudus ini berbentuk bulat seperti bola, maka tidak heran jika ada yang menyebutnya martabak bulat, atau martabak bola. Campuran adonan tepung, telur, air, dan irisan daun bawang serta bumbu rahasia ini digoreng dalam penggorengan berbentuk cetakan-cetakan setengah bola, kalau tidak salah itu adalah cetakan kue bikang. Cara membuat martabak telur puyuh adalah jika adonan tersebut sudah siap tinggal mencetaknya yakni dengan memasukkan adonan ke dalam cetakan  hingga penuh, jika sudah setengah matang atau kulitnya lumayan keras, pecahnya telur puyuh dan masukkan ke tengah cetakan tersebut, setelah itu balik atau putar martabak tersebut dengan alat khusus semacam kail yang dibuat sendiri. Jangan lupa sebelumnya oleskan minyak terlebih dahulu di  cetakannya agar tidak lengket dan mudah dibalik. Setelah dibalik, tambahkan sedikit adonan agar anti bisa membetuk bulat sempurna. Oh, ya kalau menggoreng jangan lupa apinya jangan terlalu besar, karena nantinya bisa gosong, tapi dalamnya masih mentah.
cara membuat martabak telur puyuh, cafe di kudus, tempat makan enak di kudus, martabak bulat
Martabak Telur Puyuh Mirip Takoyaki (c) blog.lakupon.com
Martabak mini telur puyuh ini sangat digemari oleh semua kalangan. Bentuknya yang unik seperti jajanan Takoyaki khas Jepang, namun berukuran lebih besar. Rasanya pun enak, apalagi jika ditambah saus pedas dan dinikmati ketika masih hangat, pokoknya lezat deh dan pingin terus nagih. Beberapa penjual yang menjajakan martabak ini ada yang memakai gerobak atau dibawah, pokoknya beragam. Oh iya, ada juga beberapa penjual yang martabaknya tidak pakai telur puyuh, namun harganya lebih murah, maklum telur puyuh harganya kan lumayan mahal. Makanya sebelum membeli martabak ini harus tanya terlebih dahulu, atau lihat saja di gerobaknya ada telur puyuhnya ada tidak.

Jika sedang berjalan-jalan atau ziarah di makan Sunan Kudus di belakang Menara Kudus bisa mencoba jajanan pinggir jalan yang enak ini. Karena pengunjung Menara Kudus dari banyak daerah di Indonesia, banyak juga yang penasaran dan membeli Martabak Telur Puyuh Kudus berharga terjangkau tersebut. Selain enak, kan juga mengenyangkan perut. Saya sendiri menyukainya, kalau makan pokoknya tidak cukup satu, urusan berlemak, kolesterol sampai lupa, deh. Tapi ya, harus diimbangi dengan makanan sehat dan dibatasi, ya.

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Menurut Anda? Yuk share pendapat Anda tentang ini...

IBX5A3DC96D052E7